riky hambali samosir

selamat datang di blog riky h.s

Sabtu, 08 April 2017

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI



RIKY HAMBALI SAMOSIR
161301100
Psikologi Pendidikan dan Teknologi



resume 4
Pendidikan sebagai suatu kegiatan yang didalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya peserta didik, pendidik administror, masyarakat dan orang tua peserta didik. Oleh karena itu agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien maka setiap orang yang terlibat dalam pendidikan tersebut seyogyanya dapat memahami tentang perilaku individu sekaligus menunjukkan perilaku secara efektif. Perilaku individu dipelajari  dalam suatu ilmu yang disebut sebagai psikologi.
Psikologi berasal dari kata Yunani “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi (menurut arti kata) psikologi artinya Ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
Psikologi memberikan wawasan bagaimana memahami perilaku individu dalam proses pendidikan. Terutama dizaman kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Para ahli berusaha untuk meningkatkan mengajar itu menjadi suatu ilmu. Teknologi pendidikan memberikan pendekatan sistematis dan kritis tentang proses pembelajaran.
Perlu kita ketahui, bahwa psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. karena mengajar adalah cara yang kompleks,maka guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi,dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel, salah satunya dengan menggunakan teknologi pembelajaran.
Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar” pada manusia secara individu maupun kelompok. Hal ini karena belajar tidak hanya berlangsung dalam lingkup sekolah, melainkan juga pada organisasi misalnya keluarga, masyarakat, dunia usaha, bahkan pemerintahan. Belajar dapat di mana saja, kapan saja dan siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber apa saja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.
Istilah teknologi pembelajaran mencakup banyaknya lingkungan pemanfaatan yang mengambarkan fungsi teknologi dalam pendidikan secara lebih tepat; dapat merujuk baik pada belajar maupun pembelajaran; dan pemecahan masalah belajar/fasilitas pembelajaran, teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang inovasi dalam bidang pendidikan.
Dalam pengembangan teknologi pendidikan yang senantiasa berhubungan dengan program pendidikan untuk kepentingan peserta didik, maka landasan psikologi mutlak harus dijadikan dasar dalam proses pengembangan teknologi pendidikan. Perkembangan yang dialami oleh peserta didik pada umumnya diperoleh melalui proses belajar. Guru sebagai pendidik harus mengupayakan cara / metode yang lebih baik untuk melaksanakan proses pembelajaran guna mendapatkan hasil yang optimal, dalam hal ini proses pembelajaran mutlak diperlukan pemikiran yang mendalam dengan memperhatikan psikologi belajar
Hubungan psikologi dengan teknologi pendidikan gimanasih ? dalam Teknologi pendidikan  tujuan utamanya yaitu untuk memecahkan masalah belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mengetahui dan mempelajari karakteristik dari si belajar itu sendiri. Sedangkan kalau ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan pengamatan objektif terhadap rangsangan dalam hubungannya pada alam sekitar atau lingkungan. Jadi hubungan  Psikologi dan Teknologi Pendidikan adalah Jika membuat sistem yang ditujukan untuk pemecahan masalah belajar maka dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang sasaran yang akan dituju agar tepat dan menghasilkan sistem yang optimal.

hubungan psikologi pendidikan dengan teknologi pembelajaran
Psikologi pendidikan
Perlu kita ketahui,bahwa psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. karena mengajar adalah cara yang kompleks,maka guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi,dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel,salah satunya dengan emnggunakan teknologi pembelajaran.
Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar” pada manusia secara individu maupun kelompok. Hal ini karena belajar tidak hanya berlangsung dalam lingkup sekolah, melainkan juga pada organisasi misalnya keluarga, masyarakat, dunia usaha, bahkan pemerintahan. Belajar dapat di mana saja, kapan saja dan siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber apa saja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.
Istilah teknologi pembelajaran mencakup banyaknya lingkungan pemanfaatan yang mengambarkan fungsi teknologi dalam pendidikan secara lebih tepat; dapat merujuk baik pada belajar maupun pembelajaran; dan pemecahan masalah belajar/fasilitas pembelajaran, teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang inovasi dalam bidang pendidikan.
Nah,menurut saya penerapan teknologi pembelajaran lebih tepat digunakan, karena guru  lebih fokus terhadap aktivitas belajar mengajar baik di kelas maupun di luar kelas. Yang tentunya menuntut guru untuk menyiapkan manusia-manusia yang dapat hidup di era baru dimana peranan teknologi tidak dapat kita pungkiri lagi. Namun guru pun tetap mengacu pada sistem pendidikan yang telah ditetapkan agar tujuan pendidikan nasional dapat kita capai.
sekian :)
 sumber :
Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI

PERENCANAAN
-      Perencanaan Intruksional.
Pengembangan atau penyusunan strategi sistematis dan tertata untuk merencanakan pembelajaran.

      Robert Yinger(1980) mengidentifikasikan lima rentang waktu perencanaan guru : perencaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan  mingguan dan perencanaan harian.
Perencanaan adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak menyusun rencana.
    
·         PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN TEACHER – CENTERED
-      Perencanaan Pelajaran Teacher Centered

Tiga alat perencanaan teacher Centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional.
         a.    Sasaran behavioral  adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
b.   Menganalisis tugas adalah memecah tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen – komponen.
c.    Menyusun taksonomi. Taksonomi adalah sistem klasifikasi, taksonomi bloom dikembangkan oleh benjamin bloom dan kawan – kawanya. Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi 3 domain : kognitif, efektif dan psikomotor.

-      Intruksi Langsung
Intruksi langsung( direct instruction) adalah pendekatan teacher- centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas – tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.
-      Strategi Instruksional Teacher – Centered
a.    Mengorentasikan. Sebelum menyajikan dan menjelaskan materi baru, susunlah kerangka pelajaran dan orientasikan murid ke materi baru tersebut.
b.   Advance Organizer. Adalah aktivitas dan teknik pengajaran dengan membuat kerangka pelajaran dan mengorientasikan murid materi sebelum materi itu diajarkan.
c.    Comparative advance organizer. Memperkenalkan materi baru dengan mengaitkanya dengan apa yang sudah diketahui murid.
d.   Pengajaran, penjelasan, dan Demonstrasi. Pengajaran dengan paparan / ceramah (lecturing), penjelasan dan demonstrasi adalah aktivitas yang biasa dilakukan guru dalam pendekatan instruksi langsung.
e.    Pertanyaan dan diskusi. Pertanyaan dan diskusi perlu di intergrasikan kedalam pendekatan intruksi teacher-centered
f.     Mastery Learning adalah pembelajaran satu konsep atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
g.    Seatwork adalah penyeluruh semua murid atau sebagian besar murid untuk belajar sendiri – sendiri di bangku mereka
h.   Pekerjaan Rumah adalah Keputusan intruksionaal penting lainya adalah seberapa banyak dan apa jenis pekerjaan rumah yang harus diberikan kepada murid.

-      Prinsip Learning – Centered
Intruksi dan Perencanaan learning – Centered adalah pada siswa, bukan guru.

Faktor Kognitif dan Metakognitif
a.    Sifat Proses Pembelajaran
b.   Tujuan proses pembelajaran
c.    Kontruksi pengetahuan
d.   Pemikiran strategis
e.    Memikirkan tentang pemikiran
f.     Konteks pembelajaran
Faktor Motivasi dan Emosional
g.    Pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran
h.   Motivasi intrinsik untuk belajar
i.     Efek motivasi terhadap usaha
Faktoe Sosial dan Developmental
j.     Pengaruh perkembangan terhadap pembelajaran
k.   Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
Faktor Perbedaan Individual
l.     Perbedaan individual dalam pembelajaran ‘
m.  Pembelajaran dan diversitas
n.   Standar dan penilaian

-      Beberapa Strategi Intruksional Learning – Centered
a.    Pembelajaran berbaris Problem
b.   Pertanyaan esensial
c.    Pembelajaran Penemuan
·         Teknologi dan Pendidikan
Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam pembelajaran.
-      Revolusi Teknologi
Revolusi Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kini kita hidup.
-      Internet
a.    Inti dari komunitas melalui komputer. Siste
Psikologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran


0 komentar:

Posting Komentar