RIKY HAMBALI SAMOSIR
161301100
Psikologi Pendidikan dan Teknologi
resume 4
Pendidikan sebagai suatu kegiatan yang
didalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya peserta didik, pendidik
administror, masyarakat dan orang tua peserta didik. Oleh karena itu agar tujuan
pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien maka setiap orang yang
terlibat dalam pendidikan tersebut seyogyanya dapat memahami tentang perilaku
individu sekaligus menunjukkan perilaku secara efektif. Perilaku individu
dipelajari dalam suatu ilmu yang disebut
sebagai psikologi.
Psikologi berasal dari kata Yunani “psyche”
yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara
etimologi (menurut arti kata) psikologi artinya Ilmu yang mempelajari tentang
jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
Psikologi memberikan wawasan bagaimana
memahami perilaku individu dalam proses pendidikan. Terutama dizaman kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini. Para ahli berusaha untuk
meningkatkan mengajar itu menjadi suatu ilmu. Teknologi pendidikan memberikan
pendekatan sistematis dan kritis tentang proses pembelajaran.
Perlu kita ketahui, bahwa psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara
memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. karena
mengajar adalah cara yang kompleks,maka guru harus menguasai beragam perspektif
dan strategi,dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel, salah satunya
dengan menggunakan teknologi pembelajaran.
Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang
kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar” pada manusia secara
individu maupun kelompok. Hal ini karena belajar tidak hanya berlangsung dalam
lingkup sekolah, melainkan juga pada organisasi misalnya keluarga, masyarakat,
dunia usaha, bahkan pemerintahan. Belajar dapat di mana saja, kapan saja dan
siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber apa saja yang sesuai
dengan kondisi dan kebutuhan.
Istilah teknologi pembelajaran mencakup
banyaknya lingkungan pemanfaatan yang mengambarkan fungsi teknologi dalam
pendidikan secara lebih tepat; dapat merujuk baik pada belajar maupun
pembelajaran; dan pemecahan masalah belajar/fasilitas pembelajaran, teknologi
pembelajaran merupakan suatu bidang inovasi dalam bidang pendidikan.
Dalam pengembangan teknologi pendidikan yang
senantiasa berhubungan dengan program pendidikan untuk kepentingan peserta
didik, maka landasan psikologi mutlak harus dijadikan dasar dalam proses
pengembangan teknologi pendidikan. Perkembangan yang dialami oleh peserta didik
pada umumnya diperoleh melalui proses belajar. Guru sebagai pendidik harus
mengupayakan cara / metode yang lebih baik untuk melaksanakan proses
pembelajaran guna mendapatkan hasil yang optimal, dalam hal ini proses
pembelajaran mutlak diperlukan pemikiran yang mendalam dengan memperhatikan
psikologi belajar
Hubungan psikologi dengan teknologi
pendidikan gimanasih ? dalam Teknologi pendidikan tujuan utamanya yaitu untuk memecahkan
masalah belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mengetahui dan
mempelajari karakteristik dari si belajar itu sendiri. Sedangkan kalau ilmu
psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa dan mempelajari tingkah
laku lahiriah dengan menggunakan pengamatan objektif terhadap rangsangan dalam
hubungannya pada alam sekitar atau lingkungan. Jadi hubungan Psikologi dan Teknologi Pendidikan adalah
Jika membuat sistem yang ditujukan untuk pemecahan masalah belajar maka
dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang sasaran yang akan dituju agar tepat
dan menghasilkan sistem yang optimal.
hubungan psikologi pendidikan dengan
teknologi pembelajaran
Psikologi
pendidikan
Perlu kita ketahui,bahwa psikologi pendidikan
adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran
dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. karena mengajar adalah cara yang
kompleks,maka guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi,dan harus
bisa mengaplikasikannya secara fleksibel,salah satunya dengan emnggunakan
teknologi pembelajaran.
Teknologi pembelajaran merupakan suatu bidang
kajian khusus ilmu pendidikan dengan objek formal “belajar” pada manusia secara
individu maupun kelompok. Hal ini karena belajar tidak hanya berlangsung dalam
lingkup sekolah, melainkan juga pada organisasi misalnya keluarga, masyarakat,
dunia usaha, bahkan pemerintahan. Belajar dapat di mana saja, kapan saja dan
siapa saja, mengenai apa saja, dengan cara dan sumber apa saja yang sesuai
dengan kondisi dan kebutuhan.
Istilah teknologi pembelajaran mencakup
banyaknya lingkungan pemanfaatan yang mengambarkan fungsi teknologi dalam
pendidikan secara lebih tepat; dapat merujuk baik pada belajar maupun
pembelajaran; dan pemecahan masalah belajar/fasilitas pembelajaran, teknologi
pembelajaran merupakan suatu bidang inovasi dalam bidang pendidikan.
Nah,menurut saya penerapan teknologi
pembelajaran lebih tepat digunakan, karena guru
lebih fokus terhadap aktivitas belajar mengajar baik di kelas maupun di
luar kelas. Yang tentunya menuntut guru untuk menyiapkan manusia-manusia yang
dapat hidup di era baru dimana peranan teknologi tidak dapat kita pungkiri
lagi. Namun guru pun tetap mengacu pada sistem pendidikan yang telah ditetapkan
agar tujuan pendidikan nasional dapat kita capai.
sekian :)
sumber :
Santrock,
J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Kencana
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI
PERENCANAAN
- Perencanaan Intruksional.
Pengembangan
atau penyusunan strategi sistematis dan tertata untuk merencanakan
pembelajaran.
Robert Yinger(1980) mengidentifikasikan
lima rentang waktu perencanaan guru : perencaan tahunan, perencanaan term,
perencanaan unit, perencanaan mingguan
dan perencanaan harian.
Perencanaan
adalah dimensi utama dari pengajaran yang sukses, jangan terlalu banyak menyusun
rencana.
· PERENCANAAN DAN INSTRUKSI PELAJARAN
TEACHER – CENTERED
- Perencanaan Pelajaran Teacher Centered
Tiga alat
perencanaan teacher Centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku),
menganalisis tugas, dan menyusun taksonomi (klasifikasi) instruksional.
a.
Sasaran behavioral adalah
pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk mencapai tujuan
kinerja yang diharapkan.
b. Menganalisis tugas adalah memecah tugas
kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen – komponen.
c. Menyusun taksonomi. Taksonomi adalah sistem
klasifikasi, taksonomi bloom dikembangkan oleh benjamin bloom dan kawan –
kawanya. Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi 3 domain :
kognitif, efektif dan psikomotor.
- Intruksi Langsung
Intruksi
langsung( direct instruction) adalah pendekatan teacher- centered yang
terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang
tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk
tugas – tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif
terhadap murid.
- Strategi Instruksional Teacher – Centered
a. Mengorentasikan. Sebelum menyajikan dan
menjelaskan materi baru, susunlah kerangka pelajaran dan orientasikan murid ke
materi baru tersebut.
b. Advance Organizer. Adalah aktivitas dan
teknik pengajaran dengan membuat kerangka pelajaran dan mengorientasikan murid
materi sebelum materi itu diajarkan.
c. Comparative advance organizer. Memperkenalkan
materi baru dengan mengaitkanya dengan apa yang sudah diketahui murid.
d. Pengajaran, penjelasan, dan Demonstrasi.
Pengajaran dengan paparan / ceramah (lecturing), penjelasan dan demonstrasi
adalah aktivitas yang biasa dilakukan guru dalam pendekatan instruksi langsung.
e. Pertanyaan dan diskusi. Pertanyaan dan
diskusi perlu di intergrasikan kedalam pendekatan intruksi teacher-centered
f. Mastery Learning adalah pembelajaran satu
konsep atau topik secara menyeluruh sebelum pindah ke topik yang lebih sulit.
g. Seatwork adalah penyeluruh semua murid atau
sebagian besar murid untuk belajar sendiri – sendiri di bangku mereka
h. Pekerjaan Rumah adalah Keputusan
intruksionaal penting lainya adalah seberapa banyak dan apa jenis pekerjaan rumah
yang harus diberikan kepada murid.
- Prinsip Learning – Centered
Intruksi
dan Perencanaan learning – Centered adalah pada siswa, bukan guru.
Faktor
Kognitif dan Metakognitif
a. Sifat Proses Pembelajaran
b. Tujuan proses pembelajaran
c. Kontruksi pengetahuan
d. Pemikiran strategis
e. Memikirkan tentang pemikiran
f. Konteks pembelajaran
Faktor
Motivasi dan Emosional
g. Pengaruh motivasi dan emosi terhadap
pembelajaran
h. Motivasi intrinsik untuk belajar
i. Efek motivasi terhadap usaha
Faktoe
Sosial dan Developmental
j. Pengaruh perkembangan terhadap
pembelajaran
k. Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
Faktor
Perbedaan Individual
l. Perbedaan individual dalam pembelajaran ‘
m. Pembelajaran dan diversitas
n. Standar dan penilaian
- Beberapa Strategi Intruksional Learning –
Centered
a. Pembelajaran berbaris Problem
b. Pertanyaan esensial
c. Pembelajaran Penemuan
· Teknologi dan Pendidikan
Teknologi
adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam
pembelajaran.
- Revolusi Teknologi
Revolusi
Teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kini kita hidup.
- Internet
a. Inti dari komunitas melalui komputer. Siste
Psikologi
Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar